Keutamaan Dari Tata Cara Sholat Jenazah

Prosedur dan Tata Cara Sholat Jenazah, Niat, Bacaan, Doa - BS Travel

Mensholatkan jenazah wajib hukumnya bagi seroang muslim yang bertaqwa. Setiap orang pasti akan dihadapkan dengan maut dan hal ini tidak bisa dihindarkan. Orang yang telah meninggal dunia tentunya sudah tidak bisa melakukan apa – apa dan bagi muslim lainnya diwajibkan untuk mensholatkannya. Sholat jenazah juga memiliki keutamaan. Berikut adalah keutamaan dari tata cara sholat jenazah antara lain :

  1. Hadist shahih muslim no. 1572 dari kitab jenazah

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ كَيْسَانَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ فَلَهُ قِيرَاطٌ وَمَنْ اتَّبَعَهَا حَتَّى تُوضَعَ فِي الْقَبْرِ فَقِيرَاطَانِ قَالَ قُلْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ وَمَا الْقِيرَاطُ قَالَ مِثْلُ أُحُدٍ

Didalam hadist ini telah menceritakan dari Muhammad bin Hatim kepada Yahya bin Sa’id. Telah dibawa oleh Yazid bin Kisan dan diceritakanlah kepada Abu Hazim dari Nabi Shalallahualaihiwassalam. “Barangsiapa telah sedang menshalatkan jenazah, maka untuknya satu qirath pahala, dan barangsiapa yang telah mengantarkan jenazah tersebut hingga diletakkan di liang lahat, maka untuknya pahala sebesar dua qirath.” Saya bertanya, “Wahai Abu Hurairah, seperti bagaimanakah bentuk dari dua qirath itu?” tak berselang lama menjawab, “Yaitu seperti gunung Uhud.”

 

  1. Mendapat berlimpah kebaikan

Bagi yang sedang melakukan sholat jenazah untuk sesame muslim lainnya. Maka kebaikan darinya akan dilipatgandakan. Ungkapan ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Rasullullah Shallallahu’alaihiwassalam yang bersabda : “Barangsiapa baginya yang sedang menyaksikan jenazah hingga kemudian menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Dan barangsiapa yang hendak menyaksikan jenazah dan diwaktu proses pemakaman, maka baginya dua qiroth”. Dengan hadist berikut maka kebaikan baginya yang melakukan apa yang telah dikatakan oleh Rasulnya.

 

  1. Menyegerakan kebaikan bagi jenazah

Bagi yang sudah meninggal maka akan baik untuknya apabila selalu mengirimkan doa. Mensholatkan jenazah juga dapat menghadirkan bagi yang telah meninggal dunia. Hal ini dapat berlaku bagi seseorang yang meninggal dalam keadaan beriman.

 

  1. Memberikan syafaat bagi jenazah

Sangat penting untuk melakukan sholat jenazah. Tata cara sholat jenazah yang dilakukan dengan benar dapat membawa kebaikan. Untuk jenazah yang sudah meninggal dalam keadaan beriman yang diriwayakan oleh HR. Muslim no. 948 yang berbunyi :

“Anak Abdullah bin Abbas di Qudaid telah meninggal dunia. Ibnu Abbas kemudian berkata, “Wahai Kuraib (bekas daripada budak Ibnu Abbas), lihatlah seberapa besarkah manusia yang menyolati jenazahnya.” Kuraib berkata, “Aku keluar, dikala itu sudah banyak orang yang sedang berkumpul dan aku sudah mengabarkan kepada mereka tentang apa yang disampaikan oleh Ibnu Abbas tadi. Kemudian mereka menjawabnya, “Ada 40 orang”. Kuraib berkata, “Baik kalau begitu.” Ibnu Abbas kemudian berkata, “Keluarkan mayit tersebut.

 

  1. Berpahala sebesar gunung uhud

Bagi yang berbuat baik dan niat tulus menyolatkan jenazah. Maka baik baginya untuk mendapatkan pahala sebesar gunung uhud. Pahala ini juga sudah disampaikan oleh Rasul melalui hadist shahih muslim no. 1572 dari kitab jenazah.

 

  1. Hadist dari Aisyahdahiyallahuanha yang berkata : Rasulullah SAW bersabda yang diantaranya :

مَا مِنْ مَيِّتٍ يُصَلِّى عَلَيْهِ أُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِينَ يَبْلُغُونَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُونَ لَهُ إِلاَّ شُفِّعُوا فِيهِ

 

Tidaklah untuk semua muslim melihat bahwa terdapat seorang mayit yang sedang dishalatkan (dengan shalat jenazah) oleh sekelompok kaum muslimin yang berjumlah hingga 100 orang, dan engkau melihat bahwa terdapat syafa’at untuknya (mendoakan kebaikan –kebaikan untuknya), maka syafa’atnya akan diperkenankan.” (HR. Muslim no. 947).

 

  1. Doanya akan dikabulkan

Sholat jenazah yang diamalkan secara kusyu’ akan mendatangkan pahala serta akan dikabulkan doanya. Kebaikan sekecil apapun itu Allah akan memberikan balasan yang baik untuknya serta dimudahkanlah rezekinya.

 

Dengan melaksanakan shalat jenazah maka akan membawa kebaikan. Didalamnya terdapat keutamaan dari tata cara sholat jenazah yang bisa diamalkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.