Begini Kesimpulan dan Rekomendasi TGIPF Kepada PSSI!

TGIPF : Pemerintah Tak Izinkan Liga Bergulir Sebelum Ada Perubahan di PSSI  - Orbit Indonesia

Berita sepak bola Indonesia tengah dipenuhi dengan pembahasan tragedi Kanjuruhan. Karena tragedi tersebut benar-benar menguras emosi setiap insan sepak bola. Tidak hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia ikut berduka atas peristiwa itu.

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) telah menyelesaikan investigasi mereka dan sudah menyerahkan laporannya pada Jumat, 14 Oktober 2022 siang. Bersama laporannya, TGIPF memberikan kesimpulan dan rekomendasi yang diberikan kepada pihak-pihak terkait.

Berbagai kesimpulan dan rekomendasi diberikan kepada PSSI, Liga Indonesia Baru, Panitia Pelaksana, dan Pendukung. Secara garis besar, berikut merupakan kesimpulan dan rekomendari kepada PSSI dari laporan yang diberikan TGIPF kepada Presiden Jokowi Dodo:

  • PSSI tidak melakukan sosialisasi dan edukasi prosedur keamanan pertandingan kepada apparat keamanan, panitia pelaksana, dan pendukung di lapangan. PSSI juga tidak mempertimbangkan berbagai risiko yang mungkin terjadi ketika Menyusun jadwal pertandingan.
  • Tidak mempersiapkan personel match commissioner yang memahami SOP pelaksanaan pertandingan dan prosedur keamanan serta memiliki kualifikasi.
  • Selain kurangnya transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan Liga Indonesia, PSSI juga enggan bertanggung jawab terhadap peristiwa Kanjuruhan. Keengganan ini terlihat dari regulasi kerja di dalam keanggotaan PSSI.
  • Pemilihan Pimpinan PSSI memiliki potensi conflict of interest karena memperbolehkan pimpinannya berasal dari pemilik atau pengurus klub.
  • PSSI tidak melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik dalam pengelolaan pertandingan sepak bola Indonesia. Kemudian, PSSI masih melakukan praktik-praktik yang tidak memperhatikan faktor kesejahteraan petugas di lapangan.

Berdasarkan kesimpulan TGIPF tersebut, PSSI mendapatkan beberapa rekomendasi yang sebaiknya dilakukan demi keberlangsungan sepak bola Indonesia. Berikut adalah rekomendasi yang diberikan:

  • Pemerintah tidak bisa mencampuri urusan PSSI jika dilihat secara normatif. Namun, demi keberlangsungan kegiatan sepak bola Indonesia kedepannya, Ketua PSSI dan seluruh pimpinannya diharapkan mundur dari jabatan sebagai bentuk tanggung jawab atas meninggalnya 132 korban Kanjuruhan dan 712 korban luka-luka.
  • PSSI diharapkan melakukan percepatan kongres atau Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menentukan pimpinan yang lebih berintegritas, bertanggungjawab, terbebeas dari kepentingan pribadi, dan professional demi keberlangsungan organisasi nomor satu sepak bola Indonesia. Sampai semua masalah selesai dan Indonesia sudah memiliki prosedur keamanan yang baik, pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akan dihentikan sementara dan tidak diizinkan untuk dimulai kembali. Selain pertandingan tersebut, pertandingan lainnya dapat dilaksanakan dengan memperhatikan kesiapan keamanan selama pertandingan.
  • Sesuai dengan standar keamanan FIFA, Polisi hanya sebagai supervisi. Pihak keamanan adalah orang-orang professional/ steward yang mendapatkan pelatihan oleh Mabes Polri dan PSSI.
  • PSSI harus melakukan revisi regulasi Pimpinan PSSI untuk menghindari conflict of interest dan merevisi aturan tentang Tanggung Jawab.
  • Memastikan seluruh kegiatan PSSI sudah sesuai dengan aturan yang ada, mulai dari perencanaan sampai selesainya pertandingan. Kemudian, PSSI harus membuat pelatihan yang tersertifikasi terhadap semua pelaku olahraga selama pertandingan berlangsung.
  • Selain pembinaan terhadap pelaku olahraga, PSSI juga harus melakukan pembinaan terhadap pemangku kepentingan di sepak bola Indonesia.
  • PSSI diharapkan untuk hadir secara fisik dari mulai perencanaan sampai pertandingan selesai untuk memantau bagaimana keberlangsungan pertandingan dan memperhatikan setiap pihak yang hadir di sana.

Dengan kesimpulan dan rekomendasi tersebut, PSSI diharapkan akan bangkit menjadi lebih baik lagi agar peristiwa naas seperti Kanjuruhan tidak terulang untuk kedua lainnya. Sekarang, masyarakat sudah bisa bernapas dengan lega karena TGIPF memiliki rekomendasi yang sama.

TGIPF juga menginginkan Pimpinan PSSI sekarang untuk segera mundur. Namun, kita masih harus menunggu bagaimana tanggapan Presiden Indonesia selanjutnya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.