Tips Menyetrika Yang Baik dan Benar Yang Bikin Baju Awet 

 

Menyetrika adalah aktivitas sehari-sehari yang biasa dilakukan terutama para ibu. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata cara menyetrika baju bisa mempengaruhi seberapa awet pakaian yang kamu miliki?. Walaupun ada beberapa bahan pakaian yang tidak usah disetrika, namun kamu harus melakukannya supaya pakaian tidak nampak kusut. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan coba membahas tentang tips menyetrika yang baik dan benar sebagai berikut :

  • Jangan Mengeringkan Baju Terlalu Lama

Menjemur baju terlalu lama di bawah matahari maupun di bawah pemanas akan mengeringkan baju secara berlebihan. Tentunya, hal ini akan membuat pola baju kaku dan keras. Baju dalam kondisi seperti akan sulit dibeentuk kembali walaupun sudah disetrika. Bahkan kalau penggunaan suhu setrika terlalu panas akan merusak serat dari baju. Oleh karena itu, pastikan waktu mengeringkan baju kamu pas.

  • Jangan Menyetrika Dengan Cara Melingkar

Dalam hal ini perhatikan juga pergerakan alat setrika kamu. Jangan menyetrika dengan cara memutar karena hal ini bisa membuat baju kamu mudah melar. Untuk hasil menyetrika yang lebih baik, dan rapi tanpa merusak bentuknya kamu bisa menggunakan metode memanjang. 

  • Sesuaikan Suhu

Pada setrika listrik biasanya terdapat panduan tingkat suhu yang dicocokan dengan bahan pakaian. Oleh karena itu, pastikan kamu menyesuaikan bahan baju yang akan kamu setrika. Dalam hal ini, kamu bisa memulai dengan bahan yang lebih halus karena baju dengan bahan halus tersebut tidak usah disetrika dengan suhu terlalu panas. Kemudian, barulah berlaih ke baju dengan bahan yang lebih tebal seperti katun dan linen dengan suhu yang lebih panas.

  • Jangan Menyetrika Pakaian Dalam Keadaan Lembab

Jangan pernah kamu menyetrika pakaian dalam kondisi masih lembab. Karena hal ini bisa mempercepat proses pelapukan dan menimbulkan bau yang tidak sedap walaupun sudah diberi cairan pelicin pada saat menyetrika. Jika kondisi cuaca sedang tidak begitu terik, maka kamu anging-anginkan pakaian di dalam rumah terlebih dahulu dibandingkan harus menyetrika dalam kondisi lembab.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *