Apakah Jagung Termasuk Sayuran?

Jagung Manis Kulit

 

Jagung merupakan makanan pokok bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Ini diolah sebagai sup, casserole, lauk, hingga camilan. Walaupun jagung difavoritkan oleh siapa saja, masih banyak yang belum mengetahui apakah jagung itu termasuk sayuran atau buahan. 

Apa Itu Jagung?

Apakah jagung itu sayuran? Ini terbilang pertanyaan yang begitu sederhana. Namun faktanya, pertanyaan ini sedikit lebih rumit untuk dijawab. 

Jagung utuh yang direbus dianggap sebagai sayuran. Namun biji jagung yang dimasak hingga menghasilkan popcorn disebut biji-bijian. Terlepas dari kedua pernyataan tersebut, sebenarnya jagung itu adalah buah, sayuran, dan gandum utuh. 

Terlepas dari kategorinya apa, yang terpenting adalah jagung adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi. Ini juga merupakan alternatif diet yang menyehatkan. 

Awal Mula Jagung

Dari mana jagung berasal? Tumbuhan yang berwarna kuning ini berasal dari Amerika dan termasuk sebagai tanaman populer di dunia. Saking populernya, terdapat tiga jenis jagung yang tsrsebar di seluruh penjuru dunia yaitu jagung ladang, jagung manis, dan jagung batu. 

  • Jagung Ladang

Jagung ladang atau jagung penyok adalah varietas jagung yang paling banyak ditanam di Amerika Serikat. Umumnya, jagung ladang diproduksi untuk pakan ternak, tepung maizena, platik, etanol, dan lainnya. 

  • Jagung Manis (Sweet Corn)

Jagung manis (Zea mays) memiliki kandungan gula dua kali lebih banyak dibandingkan jagung lainnya. Jenis jagung yang satu ini terbagi dalam warna putih, kuning, dan kombinasi.

  • Jagung Batu

Jagung batu juga disebut sebagai jagung India yang terdiri dari beragam warna. Umumnya, jagung ini digunakan sebagai bahan utama pembuatan popcorn. 

Seperti Apa Manfaat Jagung Untuk Kesehatan?

Terdapat sejumlah manfaat kesehatan bagi Anda yang memakan jagung. Namun manfaatnya menjadi sedikit berbeda. Ini tergantung pada olahan atau varietas jagung yang dimakan. 

Jagung merupakan gandum utuh yang menyimpan beragam manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah kandungan Vitamin A dan antioksidan terbaik dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Jagung juga dianggap sebagai sayuran bertepung dan memiliki kadar lemak yang rendah. Tidak hanya itu saja, jagung juga kaya akan Vitamin B-6, protein, serat, tembaga, kalium, seng, dan niasin. 

Dengan kandungan nutrisi yang sekian banyaknya, jagung memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Serat dalam jagung membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Sementara itu, kandungan Vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel.  

Bagaimana Memilih Jagung yang Tepat Sebagai Sayuran atau Camilan?

Di masa pandemi seperti saat ini, keluar rumah untuk sekedar membeli kebutuhan harian adalah hal yang perlu diwaspadai. Mengingat persebaran virus yang bsgitu cepatnya. Untuk itu, TaniHub hadir sebagai solusi bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau masih takut keluar rumah. 

TaniHub menyediakan segala kebutuhan sayuran dan buahan Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membeli beragam kebutuhan dapur secara online. Produk-produk yang dijual di sini juga selalu terjaga kebersihan dan kualitasnya. Sehingga, apapun yang akan dibeli, Anda pasti mendapatkan pilihan terbaik tanpa repot memikirkan triknya. 

Untuk pembayaran, Anda bisa memilih beragam metode untuk memudahkan transaksi. TaniHub juga selalu berusaha untuk mengoptimalkan pelayanan dengan memberikan garansi produk dan layanan pelanggan.

Jadi, serahkan semua urusan memilih buah semangka dan keperluan dapur lainnya bersama TaniHub. Klik di sini untuk memulai dan dapatkan promo menariknya. Selamat berbelanja!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *