Tips Agar Penggunaan Kredit Online Tidak Kebablasan

Selain kartu kredit, kredit online ini lumrah digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari belanja pulsa, membayar tagihan telepon, pembelian token listrik hingga membeli tiket pesawat dengan metode cicilan.

Kredit online menjadi salah satu pilihan karena lebih praktis dan lebih mudah digunakan tanpa harus menambah kartu fisik di dalam dompet. Apalagi kini kartu kredit online sudah bisa digunakan untuk belanja di merchant-merchant khusus secara offline seperti yang kini bisa dilakukan dengan menggunakan Kredivo.

Namun, karena kemudahan itu justru ada beberapa yang kurang bijak dalam menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa disimak bagaimana caranya agar menggunakan kartu kredit online supaya tidak boros dan kebablasan. 

1. Pahami cara kerja dan penggunaannya

Prinsip dan cara kerja kartu kredit dengan kredit online atau kartu kredit non fisik pada dasarnya tidak jauh berbeda. Perbedaan hanya pada bunga, tenor dan kredit limit yang diberikan saja. Perlu dipahami bahwa kartu kredit offline dan online hanya sebuah alat pembayaran bukan sebagai sumber penghasilan baru.

2. Batasi dengan mencatat setiap penggunaan

Catat dalam anggaran pengeluaran setiap penggunaan kredit online. Meskipun pada dasarnya sudah ada catatan elektronik di dalam aplikasinya yang menunjukkan transaksi yang dilakukan. Tetapi, pencatatan tersebut harus tetap disesuaikan dengan catatan keuangan bulanan sehingga kita bisa mengetahui seberapa besar penggunaannya jika dibandingkan dengan dana yang dimiliki. 

3. Gunakan saat sudah tersedia dananya di rekening

Salah satu tips cerdas ketika menggunakan kredit online adalah menggunakannya saat sudah tersedia di rekening atau sudah punya ancar-ancar pemasukan untuk mengganti pengeluaran. Dengan begitu, neraca keuangan bulanan akan tetap seimbang.

4. Manfaatkan saat ada diskon atau promo

Salah satu yang sebetulnya harus dimaksimalkan adalah gunakan saat ada promo atau diskon belanja. Tetapi, tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bukan karena tergoda karena ada diskon atau promo. 

5. Hindari tarik tunai di merchant manapun

Apapun penawaran dari beberapa merchant tentang gesek tunai sebaiknya dihindari untuk keamanan. Kredit online sudah menyediakan fitur pinjaman tunai yang akan ditransfer secara langsung ke rekening dengan cara yang lebih aman. Oleh karena itu, hindari gesek tunai atau tarik tunai di merchant manapun karena dikhawatirkan dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Oleh karena itu, untuk menghindari penyalahgunaan serta menghindari menjadi korban fintech ilegal  ataupun merchant nakal, masyarakat perlu memahami bagaimana memilih perusahaan yang sudah tepercaya serta hanya bertransaksi di merchant yang resmi bermitra dengan fintech penyedia kredit online

Salah satu contohnya adalah Kredivo, yang sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. Kredivo memiliki ratusan merchant online dan sudah memiliki mitra merchant offline sehingga transaksi jauh lebih aman di merchant yang sudah resmi bermitra.    

Jika tertarik mendapatkan manfaat kredit online dari Kredivo yang bisa digunakan untuk belanja online serta mendapatkan pinjaman tunai dengan mudah, penuhi dulu beberapa persyaratan berikut:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah itu, lakukan pendaftaran dengan sangat mudah lewat aplikasi resminya. Jika disetujui, notifikasi pemberitahuan akan diinformasikan melalui email dan pesan singkat ke nomor telepon yang didaftarkan.

Kredivo dapat memberikan kredit limit hingga Rp30 juta. Dengan begitu pemanfaatannya pun bisa dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Ada dua pinjaman yang ditawarkan Kredivo yaitu pinjaman mini dan jumbo. Keduanya hanya berbeda pada batas minimal uang yang dipinjam serta tenor pembayaran. Sementara bunga pinjaman yaitu 2,95% dan biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman.

Download aplikasi resminya melalui Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah. Dan ajukan pinjaman usahamu hanya melalui aplikasi saja. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *