Mengenal Tes Bakat Skolastik dan Tips Mempersiapkannya

Sudah tahu belum tentang tes psolastik? Untuk kamu yang belum tahu, jadi tes ini merupakan tes yang biasa digunakan untuk menguji para siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Tes skolastik sekarang sudah digunakan di Indonesia sebagai materi uji SBMPTN 2019. Ini bertujuan agar generasi terdidik Indonesia memiliki kemampuan dan daya saing yang setara bahkan melebihi siswa-siswi di belahan dunia lain.

Nah, untuk cakupannya sendiri, tes skolastik yang diujikan secara umum punya dua jenis, yaitu:

  1. Reasoning test: menguji kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan matematika.
  2. Subject test: menguji keterampilan peserta didik dalam bidang studi tertentu, seperti sains, sejarah, dan bahasa asing.

Lantas bagaimana dengan tes skolastik untuk SBMPTN yang terbaru? Tentu dalam hal ini terdapat beberapa penyesuaian tes skolastik pada SBMPTN 2019. Beberapa penyesuaian antara lain meliputi waktu pengerjaan yang lebih singkat dan jenis soal yang hanya terdiri dari pilihan ganda. Jenis soalnya pun mencakup:

  1. Subtes verbal: mengukur kemampuan siswa dalam menggunakan logika verbal dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kata atau bahasa. Biasanya yang diujikan terkait antonim, sinonim, dan analogi.
  2. Subtes kuantitatif: pada subtes ini kamu akan diuji menggunakan soal matematis sederhana, kamu dituntut untuk menyelesaikan masalah seperti aljabar, geometri, aritmatika, dan deret angka.
  3. Subtes penalaran: kamu akan diuji beberapa soal yang berkaitan dengan analisis dan bagaimana mengorganisasi informasi yang relevan dalam menyelesaikan masalah, bisa berupa penalaran logis, analitis, dan diagram.

Sebenarnya tes ini tidak jauh beda dengan tes potensi akademik pada SBMPTN 2018. Jadi kamu tidak perlu terlalu panik dan tetap harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Lalu apa tips yang paling tepat? Yang perlu kamu lakukan untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah atau soal yang diujikan di tes skolastik nanti adalah banyak berlatih dengan contoh soal.

Berlatih dengan contoh soal akan memberikan kamu pemahaman tentang model-model soal yang akan diujikan nanti. Salah satu platform yang bisa kamu gunakan adalah ruang guru. Saat ini ruang guru punya produk bernama ruang belajar, sebuah bimbel online yang akan banyak memberikan kamu materi, rangkuman, soal-soal hingga pembahasannya.

Di ruang belajar nanti kamu akan dapat mengukur sejauh mana kemampuan kamu dari hasil kamu mengerjakan soal-soal, termasuk untuk tes skolastik nanti. Di ruang belajar kamu juga bisa belajar materi-materi lain, seperti materi untuk ujian mandiri beberapa kampus.

Nah, sekarang tinggal diri kamu yang perlu diajak untuk bisa berlatih dengan konsisten. Dengan platform yang tepat seperti ruang guru dan semangat yang konsisten, tentu bukan tidak mungkin kamu bisa menyelesaikan soal-soal nanti dan mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat belajar ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *