Ini Dia Cara Merawat Anak Kucing Dan Anjing Yang Benar

Kitten atau orphan puppy merupakan anak kucing atau anak anjing yang induknya itu meninggal, atau karena adanya sebuah alasan dimana induknya tidak bisa merawat dan menyusui anak anaknya. Kita dapat memberikan susu sedikit demi sedikit dengan menggunakan spuit kecil atau pipet untuk obat tetes mata pada kitten atau puppy yang lemah. Berikut cara merawat anak kucing dan anjing yang benar diantaranya yaitu :

Cara Yang Benar Didalam Memberikan Susu

Problem

  • Pertama tama susu dihangatkan dengan suhu 38 hingga 400C dan berikan susu itu setiap 3 atau 4 jam sekali. Berikan susu ini setiap 2 atau 3 jam sekali pada anak kucing atau anak anjing yang lemah. Jika pada saat disusui susu keluar dari hidung maka itu berarti anak kucing atau anak anjing menyusu terlalu cepat karena terlalu besarnya lubang dot.
  • Pada saat anak kucing atau anak anjing disusui maka posisinya itu harus sama dengan posisi pada saat induknya akan menyusuinya yaitu dengan posisi telungkup atau sedikit vertical. Karena jika posisi pemberian susu ini dilakukan seperti pemberian susu pada bayi manusia yaitu terlentang maka akan mudah tersedaknya anak kucing atau anjing.

Memberikan Makanan Yang Padat

Anak Kucing dan Kucing

Pada saat anak kucing atau anjing ini memasuki usia 3 minggu maka harus mulai diajarkannya mereka untuk memakan makanan yang padat. Berikan mereka sedikit cat food atau dog food kalengan atau yang kering, yang sebelumnya sudah direndam didalam air susu atau air. Kemudian taruhlah sedikit makanan yang padat itu pada jari lalu oleskan pada lidah anak kucing atau anjing. Jika anak kucing dan anjing ini sudah mulai terbiasa maka biarkan mereka untuk menjilatnya sendiri. Atau ada cara yang lainnya yaitu suu bisa diletakkan diatas piring sehingga pada saat mereka menginjak usia 4 hingga 4 ½ minggu maka akan sudah terlepas dari botol susu dan dot, serta mereka juga akan bisa makan dan minum sendiri.

Itulah cara merawat anak kucing dan anjing yang benar. Didalam merawat anak kucing dan anjing, pada saat anak kucing dan anjing ini berat badannya terus bertambah dan terlihat sehat maka tidak perlu ditimbang setiap hari. Penambahan berat badan ideal didalam setiap harinya sebesar 10 hingga 15 gram pada anak kucing dan anak anjing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *