Inilah Dampak Berbahaya Akibat Olahraga Secara Berlebihan

Tidak cukup cuma dengan mengkonsumsi makanan yang  mengandung gizi dan melaksanakan pola makan  4 sehat 5 sempurna setiap harinya tentu saja untuk menjadi sehat Anda butuh merawat tubuh Anda buat pembakaran lemak, dan memelihara supaya tubuh Anda selalu fit dan  bugar seharian suntuk.

Kecuali makanan mengandung gizi, olahraga amat diperlukan untuk membantu membuat tubuh Anda segar hingga Anda tidak gampang lesu, tidak cepat sakit, dan selalu punya semangat. Akan tetapi sebagian dari kita tidak menyadari bahwa tak selamanya aktivitas mengolah raga atau yang lebih dikenal dengan sebutan olahraga mempunyai dampak yang baik. Olahraga jika dilaksanakan secara berlebihan nyatanya mempunyai pengaruh yang buruk dan justru bisa merugikan Anda.

Apabila Anda melakukan olahraga sangat sering, hal ini bisa dikatakan berlebihan. Contohnya Anda melakukan olahraga itu sampai beberapa kali dalam satu hari. Walau bagus untuk kesehatan, melakukan olahraga yang sangat sering dengan jangka waktu pendek akan amat memporsir tubuh Anda dan justru akan menghadirkan dampak yang jauh dari yang Anda harapkan.

Pastinya Anda tidak mau merugikan kesehatan Anda sebab olahraga berlebihan, kan? Berikut ini ada berbagai dampak mengenai betapa berisikonya akibat olahraga jika dilakukan amat berlebihan. Ada 5 pengaruh buruk olahraga berlebihan yang perlu diwaspadai.

  1. Berisiko Tinggi Mengalami Cedera

Olahraga yang dilakukan dengan cara berlebihan tentu saja seimbang dengan hasil yang nantinya akan diperoleh. Jika Anda berolahraga secara berlebihan, kelelahan yang akan dialami pun pastinya berlebihan pula. Jadi Anda akan tak konsentrasi dan justru akan semakin tinggi berpeluang untuk terkena cedera.

  1. Berisiko Tinggi Mengalami Gagal Jantung

Apabila Anda sering sekali melakukan olahraga secara berlebihan maka hidup Anda akan gampang dihinggapi risiko gagal jantung. Jantung Anda akan menderita kelemahan bermula dari kelelahan yang dialami akibat olahraga yang berlebihan. Fungsi jantung menurun dan menimbulkan banyak kerusakan kecil pada jantung Anda karena jantung lemah.

  1. Adanya dampak penurunan sistem kekebalan tubuh.

Masuk akal sekali bila olahraga yang Anda lakukan justru membuat Anda berisiko untuk mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh atau penunrunan sistem imun. Logikanya, dengan terlalu banyak berolahraga, Anda akan kehabisan waktu untuk sekadar istirahat atau tidur.

Padahal, yang sering Anda lupa, beristirahat atau tidur adalah salah satu cara yang tepat untuk memulihkan kondisi tubuh. Bila kondisi tubuh tidak dipulihkan seperti semula dengan tidur, hal tersebut akan berakibat tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh yang akan membuat penyakit mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Risiko mengalami depresi.

Dampak berbahaya lainnya dari olahraga yang berlebihan adalah Anda akan mudah terkena depresi. Olahraga yang normal saja dilakukan memiliki tujuan untuk membuat Anda bugar, sehingga mengembalikan percaya diri Anda secara psikologis.

Namun, jika Anda kelelahan, kondisi psikologis Anda pun akan juga kelelahan, mengikuti kondisi fisik Anda. Hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat marah, tergesa-gesa, hingga fatalnya Anda akan mengalami depresi.

  1. Risiko terlepasnya zat radikal bebas yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan seringnya berolahraga, akan membuat terlepasnya zat radikal bebas, atau yang juga disebut zat anti radikal secara berlebihan pula. Jangan menyepelekan hal tersebut, karena dengan terlepasnya zat radikal bebas secara berlebihan, akan meningkatkan risiko gen Anda untuk bermutasi, dan dampak yang lebih buruknya, akan meningkatkan Anda terkena penyakit kanker.
Nah itulah 5 dampak negatif olahraga secara berlebihan. Dari dampak di atas, masih banyak sekali dampak berbahaya yang tentunya akan Anda dapatkan bila Anda terlalu memforsir olahraga secara berlebihan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *