Usaha Cafe Modal Kecil?

 Marascenter.com|| Cafe, apa yang ada di benak anda ketika mendengar istilah tersebut?. Menurut saya pribadi cafe merupakan tempat makan dan minum sama halnya dengan restauran, namun yang menjadi perbedaannya ialah cafe lebih kecil dari restauran dan makanan yang di sediakan tidak selengkap restauran.

Untuk menambah wawasan anda,cafe sendiri dengan sangat mudah kita temui bahkan kebanyakan cafe menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda. Biasanya makanan yang di jual di cafe tidak terlalu bervariasi, begitupun dengan minumannya.
Jika anda memang berniat membuka usaha cafe, namun terkendala dengan modal yang kecil, anda tak perlu ragu atau menyerah, anda dapat mendirikan cafe yang sederhana sebagai pemula, nantinya jika sudah berkembang anda dapat membuat cabang yang lebih besar. Nah, jika anda berniat membuka usaha cafe, alangkah baiknya anda membaca beberapa hal di bawah ini.
1. Membuat Rencana Bisnis yang Kuat
Sebelum memulai membangun kafe, kamu tentunya harus membuat sebuah business plan yang matang. Yang termasuk di dalam business plan ini adalah gerai kopi seperti apa yang ingin kamu dirikan, bagaimana coffee shop ini mendatangkan keuntungan, kostumer seperti apa yang menjadi sasaran kamu, memelajari para kompetitior kamu, merencanakan perkembangannya di masa depan serta memelajari pemecahan masalah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sebuah business plan sangat dibutuhkan saat kamu memulai bisnis ini. Karena tanpa rencana sebuah gerai mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.
2. Lahan / Tempat Berdirinya Cafe

Jika anda telah memiliki lahan sendiri, maka bersyukurlah karena itu artinya anda tak perlu lagi menyewa atau membeli tanah untuk mendirikan usaha cafe. Apalagi jika lahan yang anda punya terletak di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan raya, dekat dengan mall atau di tempat yang ramai dan sering di kunjungi orang banyak. Namun apabila anda memiliki lahan yang jauh dari keramaian, maka anda dapat menyewa sebuah ruko atau lahan kosong dengan luas minimal sekitar 8 x 4 meter.
3. Konsep
 Di era sekarang tidak ada kafe yang berdiri tanpa sebuah konsep. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini, kamu juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop kamu. Jika konsep telah terbentuk, tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak. Karena sebuah coffee shop tentulah mengunggulkan kenyamanan maka interior yang menarik dan nyaman juga diperlukan. Semuanya akan dengan mudah diwujudkan jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas.
4. Interior
Sederhana

Membutuhkan Modal Lebih
 Jika konsep sudah benar-benar matang, maka kamu harus memikirkan interior yang sesuai konsep kafe kamu. Interior haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan pemilihan meja dan kursi, pencahayaan dan juga warna ruangan.
5.Eksterior
Interior menarik dan nyaman memamg merupakan faktor penting. Tapi jangan pernah lupakan pentingnya eksterior sebuah gerai kopi. Kenapa? Karena eksterior menarik adalah faktor pertama yang dilihat orang. Eksterior unik akan menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang dia punya. Jadi sangat disarankan untuk membuat eksterior yang bisa memancing keingintahuan orang terhadap kafe kamu.

6. Menu Makanan 
Marascenter.com
 Jika usaha cafe anda termasuk cafe kecil-kecilan, maka tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Cukup dengan beberapa menu saja yang terpenting terjamin rasa dan kesehatannya. Anda juga dapat menambahkan menu tradisional yang di padukan dengan menu modern. Misalnya seperti pisang goreng ice cream dan masih banyak lagi.
7. Fasilitas Murah Meriah

Pada umunya banyak sekali cafe yang menggunakan fasilitas lengkap dan terkesan mewah. Untuk usaha cafe skala kecil, saya rasa itu tidak perlu karena tidak semua fasilitas mewah seperti kursi itu empuk dan nyaman. Anda dapat menggunakan terobosan kursi dari kayu atau bahan unik lain agar cafe anda terkesan unik dan menarik minat konsumen. Atau jika anda memiliki ide lain seperti cafe lesehan, mengapa tidak?

8. Minimalkan Karyawan
Jika anda mendirikan usaha cafe, tentunya anda akan menjadi bos dan mencari karyawan untuk bekerja di kafe anda. Namun untuk usaha cafe skala kecil itu tak harus terjadi. Anda dapat mencari 1 orang karyawan saja sebagai juru masak. Sedangkan anda dapat menjadi pelayan. Untuk urusan bersih-bersih anda dapat melakukannya bersama karyawan. Selain itu tentunya anda juga memiliki sanak keluarga seperti istri dan anak yang dapat membantu anda.
9. Free Marketing
Pemasaran atau promosi di radio, koran atau media besar lainnya memang efektif, namun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Free marketing disini berarti promosi gratis, lalu adakah promosi gratis saat ini? tentunya ada, yakni dengan menggunakan media online. Anda dapat promosi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter dll. Selain itu anda juga membuat website sendiri yang mempromosikan cafe anda beserta menunjukkan jika cafe anda memiliki kualitas.

10.Kualitas Rasa PASTINYA!
 shutterstock_176622173
Semua hal dipaparkan di atas tidak akan ada gunanya jika makanan dan minuman yang dihasilkan kamu jauh dari kualitas yang diharapkan. Jadi pastikan makanan dan minuman yang ada di kafe kamu terjaga kenikmatannya dan membuat pelanggan tak mudah lupa dan tentunya mau jadi pelanggan setia.

Beberapa hal di atas patut anda lakukan jika anda membuka usaha cafe yang berskala kecil dengan modal yang minim, hal yang lain yang dapat anda lakukan ialah memberikan pelayanan ramah dan maksimal agar pengunjung puas dengan layanan anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *