Pesona Indonesia di Serambi Mekah

Marascenter.com || Beberapa daftar wisata di kota berjulukan serambi mekah ini yang menurut saya wajib anda kunjungi. Berikut ini  tempat wisata di Aceh yang bisa anda kunjungi 

 
 Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

  
Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar muda ini kini menjadi ikon Aceh. Masjid ini memiliki bangunan yang megah, dengan bangunan utamanya berwarna putih dan kubah hitam besar yang disekitarnya terdapat menara sebanyak tujuh buah. Di area depan masjid terdapat kolam dan pancuran air seperti yang terlihat di Taj Mahal India. Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi tempat wisata religi yang sering dikunjungi karena keindahannya. Masjid ini masuk ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia versi situs Huffington Post dan menjadi salah satu dari 10 masjid terindah di dunia versi Yahoo!

Air Terjun Blang Kolam


Air Terjun Blang Kolam sangat sayang untuk anda lewatkan apalagi jika anda sangat menyukai wisata alam.  Di tempat ini terdapat dua air terjun atau sering disebut air terjun kembar dengan pepohonan hijau disekitarnya. Air Terjun Blang Kolam memiliki tinggi 75 meter, banyak pengunjung air terjun menikmatinya dengan bermain air, berenang di kolam tampung, atau hanya sekedar mendengarkan suara jatuhnya air di pinggir. Jika anda mengingikan kenangan berbeda di tempat ini, anda bisa membawa tenda dan berkemah dengan membayar 5.000/orang.

Air Terjun Suhom


Tempatnya diAceh Barat,untuk sampai ke temapat ini anda harus melalui jalanan yang naik turun karena termasuk kawasan pegunungan, dalam perjalanan anda bisa melihat pegunungan Paro dan Kulu. Karena berada di sekitar kawasan pegunungan, akan ada banyak sekali monyet yang akan menemani pemandangan anda saat perjalanan menuju Air Terjun Suhom. Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkat dengan ketinggian sekitar 50 meter, akan tetapi anda tidak boleh naik ke tingkat dua dan tingkat tiga karena alasan keselamatan. Karena tidak bisa naik ke tingkat dua dan tingkat tiga bukan berarti anda akan kehilangan keindahan Air Terjun Suhom, anda masih bisa berenang di telaga sedalam dua meter atau bersantai menikmati pemandangan di gazebo yang disediakan di sekitar area Air Terjun.

Pantai Lampuuk


Pantai Lampuuk, pantai ini disebut-sebut sebagai Pantai Kuta nya Aceh. Terdapat garis pantai sepanjang 5 KM dari selatan ke utara, pantai ini memiliki pasir yang putih dan juga tebing karang di ujung pantai. Seperti jika anda mengunungi Pantai Kuta Bali, di sini anda juga bisa berjemur, berselancar, berenang, dan bermain banana boat. Di Pantai Lampuuk anda juga bisa melihat bagaimana penyu dilestarikan untuk menjaganya dari kepunahan. Jika anda ingin menghabiskan malam anda di pantai ini anda juga bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai.

Pantai Lhoknga


Pantai yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Lampuuk. Jarak Pantai Lhoknga dari Bandar Lampung kurang lebih 20 KM, di pantai ini anda bisa menikmati keindahan pantai di bawah pohon rindang dengan udara yang sejuk atau bermain voli dengan keluarga. Pantai Lhoknga memiliki ombak dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter jika anda ingin mencoba berselancar di pantai ini. Yang paling indah dari Pantai Lhoknga adalah sunset atau matahari tenggelamnya, Tidak lupa juga di sore hari banyak pengunjung untuk menikmati indahnya sunset disini.

Pantai Ulee Lheue


Pantai Ulee Lheue, dari pantai ini anda bisa melihat pemandangan indah dari pegunungan yang berada di seberang pantai. Mayoritas wisatawan yang datang ke Pantai Ulee Lheue adalah untuk memuaskan hobinya dalam memancing, di sekitar pantai banyak pedagang yang menjajakan berbagai macam alat pancing jika mungkin wisatawan lupa membawa alat pancing milik mereka. Selain memancing anda juga bisa menikmati keindahan lautnya dengan berlayar, di sana terdapat perahu yang bisa anda sewa.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah berada di ujung Indonesia, tepatnya di barat laut pulau Weh, Sabang. Rubiah merupakan nama yang tertulis di nisan yang ada di pulau, kemudian Rubiah dijadikan nama Pulau   tersebut. Yang sangat terkenal dari Pulau Rubiah adalah wisata alam bawah lautnya, banyak keindahan laut yang disajikan dengan menakjubkan di Pulau Rubiah. Ada 14 biota laut dari 15 biota yang dilindungi Indonesia terdapat di sini.

Kuala Merisi
Kuala Merisi cocok untuk anda kunjungi. Kuala Merisi berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Kuala Merisi memiliki garis pantai panjang, ombak yang dimiliki kuala ini tidak terlalu besar sehingga jika anda ingin bermain-main air dipinggir Kuala Merisi ini relatif cukup aman. Anda juga bisa menikmati pantai dengan menggelar tikar dan duduk-duduk santai sambil berjemur. Ombak di Kuala Merisi juga cocok untuk anda yang menyukai selancar dan ingin mencoba berselancar di tempat ini. Di pantai ini juga terdapat kamar mandi dan juga warung makan, dijamin anda tidak akan kelaparan di sini.
Museum Tsunami
Museum Tsunami
Kita tidak akan pernah lupa dengan bencana nasional yang terjadi tanggal 26 Desember 2004 silam. Bencana Tsunami di Aceh tahun 2004 memang menyisakan duka yang mendalam bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat Aceh. Untuk mengenang tragedi tersebut pada tahun 2009 didirikanlah Museum Tsunami yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda.
Pantan Terong
Pantan Terong
Pantan Terong merupakan sebuah bukit tinggi yang berada di ketinggian 1830 dari permukaan air laut. Jika anda berada di puncak bukit ini anda bisa melihat keindahan Aceh Tengah, mulai dari bangunan-bangunan tingginya, sungai-sungai dan juga hijaunya pepohonan.
 
Selamat Berlibur Ke Aceh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *