Festival Senggigi Membuat Sorotan Wisatawan Mancanegara

Marascenter.com || Matram, Festival di Senggigi mungkin sudah menjadi hal biasa untuk sebagian wisatawan lokal. Namun bagi wisatawan mancanegara seni lokal sangat menarik perhatian.

Salah satunya diungkapkan Gill Westway (61), bule asal yang berasal dari London, Inggris. Bagi dia dan 3 orang temannya yang melihat festival sore tadi menilai pertunjukan seni yang disuguhkan merupakan daya tarik tersendiri bagi dia.

“Menurut saya kesenian ini bagus untuk pariwisata di Senggigi. Karena menurut saya mulai banyak turis pindah dari Senggigi,” kata Gill di lokasi, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (16/9/2016).

“Dengan festival ini mungkin membantu membuat turis mancanegara lebih lama di sini,” imbuh dia.

Sudah banyak wisman yang menjadikan Lombok bagian selatan menjadi destinasi yang akan dikunjungi selama di Lombok ketimbang di Senggigi dan sekitarnya. Hal itu dikarenakan destinasi mainstream di Lombok seperti di Gili Trawangan sudah terlalu ramai akan pengunjung.

“Penting sekali Senggigi maju dalam kesenian dan suguhan pertunjukannya. Karena itu semua untuk hotel yang ada di sini,” jelas Gill.

Gill sendiri sudah 12 tahun tinggal di Indonesia. Pada tahun 1993 ia ke Indonesia dan bertugas di Kedutaan Inggris dan bekerja dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan bahasa. Selama 8 tahun di Jakarta, Bali tak luput dari daftar kunjungannya.

“Saya selama tinggal di sini sudah 4 tahun dan sudah mendirikan pusat bahasa di Unram (Universitas Mataram). Saya beli tanah di sini (Lombok) dan membangun guest house juga di Batu Layar,” urai dia.


Dalam hal perkembangan destinasi wisata, Lombok kata Gill mengalami perkembangan yang amat bagus.
 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *